Cara Mengatasi RCTI Hilang di K Vision 2022

RCTI Hilang di K Vision – Seiring dengan berkembangnya era digital seperti sekarang ini, mencari hiburan sudah bisa dilakukan melalui media digital, seperti YouTube, sosial media dan lain sebagainya. Meskipun demikian, bukan berarti media massa seperti televisi sudah tidak memiliki peminat sama sekali.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya masih banyak orang di luar sana yang lebih menghabiskan waktunya di rumah untuk menonton berbagai macam acara di TV. Nah, salah satu stasiun televisi swasta yang menyiarkan siaran multi program kepada para penontonnya yaitu RCTI.

Namun sayangnya, saat ini bagi para pengguna layanan televisi satelit berlangganan K Vision mengeluhkan bahwa stasiun TV swasta tersebut hilang dari daftar channelnya. Dimana hilangnya channel RCTI tersebut pastinya dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu faktor internal maupun eksternal.

Maka dari itu, apabila kalian termasuk salah satu pengguna K Vision dan kehilangan channel RCTI, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa penyebabnya. Untuk membantunya, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai RCTI hilang di K Vision mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya.

Penyebab RCTI Hilang di K Vision

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, hilangnya stasiun TV swasta seperti RCTI di K Vision dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu dari karena faktor internal maupun eksternal. Namun sebelum membahas penyebab RCTI di K Vision hilang lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya.

Perlu diketahui, RCTI merupakan salah satu channel atau stasiun TV swasta yang dikelola oleh MNC Group. Dimana MNC Group dapat dikatakan sebagai perusahaan unik, dengan segala ekslusivitasnya sejak dahulu membuat para pemirsa harus menggunakan usaha lebih agar bisa menyaksikan program-programnya.

Hal tersebut pastinya berbanding terbalik dengan beberapa stasiun TV lainnya seperti Kompas TV, RTV atau Trans TV yang lebih bebas disaksikan para pemirsanya. Hal tersebut sebenarnya tidak bisa dipermasalahkan, karena memang mungkin pemilik channel berhak memonetisasi channelnya seberagam mungkin guna mendapatkan hasil maksimal.

Nah, salah satu penyebab kenapa stasiun TV dari MNC Group seperti RCTI hilang di berbagai jenis atau merk receiver yaitu karena sudah tidak lagi bisa dinikmati secara gratis oleh pelanggannya, termasuk di K Vision. Dimana kebijakan tersebut sudah diberlakukan oleh pihak MNC Group sejak 1 Januari 2022.

Dengan kata lain, semua pengguna K Vision di seluruh daerah Indonesia tidak akan bisa menyaksikan program siaran dari RCTI lagi. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya tidak hanya program RCTI saja yang tidak bisa diakses di K Vision, namun beberapa channel lainnya seperti MNCTV, GTV dan INews juga sudah tidak bisa diakses kembali.

Cara Mengatasi RCTI Hilang di K Vision

Cara Mengatasi RCTI Hilang di K Vision

Setelah mengetahui beberapa penyebab RCTI hilang di K Vision, maka langkah selanjutnya kalian tinggal mengetahui bagaimana tata cara mengatasinya. Dimana solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut sebenarnya bisa dilakukan melalui berbagai macam cara, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya.

Meskipun demikian, tetap saja bahwa untuk mengatasi hilangnya RCTI di K Vision membutuhkan adanya beberapa trik khusus. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa cara mengatasi RCTI hilang di K Vision berikut ini.

1. Menambahkan Frekuensi RCTI

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi RCTI hilang di K Vision yaitu dengan menambahkan frekuensi program tersebut secara manual ataupun otomatis. Perlu diketahui, frekuensi RCTI di K Vision sendiri saat ini terdiri dari dua format, yaitu Mpeg-2 dan Mpeg-4.

Adanya perbedaan format tersebut pastinya menjadikan kode frekuensi untuk transponder channel RCTI di K Vision berbeda. Adapun kode transponder RCTI di K Vision yaitu 04060 V 31000 untuk format Mpeg-2 serta 3860 V 31000 untuk format Mpeg-4.

Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai cara mencari atau menambahkan frekuensi RCTI di K Vision.

  • Pertama-tama, silahkan cari nama channel RCTI lama yang tidak berfungsi dan akan diganti kode frekuensi serta simbol ratenya.
  • Kemudian masukkan kode transponder RCTI baru seperti di atas.
  • Lalu masuk ke pengaturan receiver melalui remot ke kontrol pada tombol Menu.
  • Pada Menu Instalasi, silahkan klik Daftar TP.
  • Maka nantinya akan muncul cukup banyak data angka seperti 4680 MHz 7199Ks/s.
  • Langkah selanjutnya tekan tombol Ubah yang muncul di layar melalui remot.
  • Silahkan masukkan kode transponder RCTI paru dengan cara menekan nomor pada remot.
  • Setelah semuanya dirasa sudah lengkap, silahkan klik Simpan.

2. Berlangganan K Vision

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, kini pihak K Vision memberikan sebuah kebijakan baru terkait penayangan program MNC Group, termasuk RCTI yang hilang. Dengan kata lain, untuk mengatasi hilangnya siaran RCTi di K Vision, maka pelanggan harus membeli paket berlangganan K Vision terlebih dahulu.

Pada intinya, ketika sudah membeli paket atau berlangganan K Vision, maka nantinya kalian sudah bisa menikmati siaran dari MNC Group, seperti RCTI, MNCTV, GTV hingga INews. Saran kami sebaiknya belilah paket K Vision Cling karena menawarkan harga yang tergolong cukup terjangkau, entah itu untuk jangka waktu 1, 6 ataupun 12 bulan.

3. Streaming Online

Sebagai informasi tambahan, seiring berjalannya waktu seperti saat ini, tersedia cukup banyak orang yang menggunakan internet rumahan dan mempunyai smart TV. Nah, adanya fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengatasi RCTI hilang di K Vision.

Dimana caranya yaitu menonton siaran RCTI melalui beberapa layanan streaming online yang menyediakan free to air. Beberapa media streaming online yang menayangkan program-program RCTI diantaranya yaitu seperti metube, RCTI+, Visin+ dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Orangbaik.org tentang beberapa penyebab hingga tata cara mengatasi RCTI hilang di K Vision. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengatasi permasalahan hilangnya channel RCTI di K Vision.

Sumber gambar : orangbaik.org, liputan6.com

Tinggalkan komentar